Kegunaan Asam Folat untuk Perempuan

Setiap orang tentu membutuhkan yang namanya asam folat untuk pondasi kesehatan, akan tetapi asam folat mempunyai peranan yang begitu penting khususnya bagi perempuan. Apa saja sebetulnya manfaat dari asam folat untuk perempuan?

Asam folat merupakan vitamin sintetis yang bisa laut di dalam air, biasanya terdapat pada suplemen serta makanan yang kaya akan fortified foods. Asam folat merupakan folat versi kreasi manusia, dimana folat merupakan vitamin B alami pada sejumlah makanan.

Asam folat sudah dikenal fungsinya untuk dapat mencegah kecacatan lahir daripada bayi, itulah alasannya kenapa para perempuan serta ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam folat. Akan tetapi, selain untuk kebutuhan kehamilan dan janin dari seorang bu, asam folat juga mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh..

Nah, dari segala manfaat yang terkandung dari asam folat, berikut beberapa hal atau kegunaan asam folat bagi tubuh perempuan.

1.       Perlindungan kesehatan perempuan

Kegunaan asam folat bagi perempuan yang paling utama yakni untuk menjaga kesehatan. Suplemen berupa asam folat dapat membantu menurunkan risiko komplikasi mengenai kehamilan, salah satunya preeclampsia.

Tidak hanya itu saja, kadar asam folat yang tinggi terhadap tubuh perempuan juga sudah dihubungkan dengan penurunan resiko terjadinya kelahiran prematur yang begitu signifikan. Itulah mengapa kandungan asam folat dianggap sangat wajib untuk bisa dikonsumsi oleh perempuan khususnya bagi mereka yang sedang berada di masa kehamilan.

2.       Mencegah kecacatan bayi ketika lahir

Jika kandung asam folat tidak tercukupi, maka tabung saraf bayi berkemungkinan tidak tertutup dengan baik, dengan begitu hal ini bisa berkembang menjadi sebuah masalah dalam kesehatan, yang biasa disebut dengan cacat tabung saraf.

Istilah cacat tersebut biasa dikenal dengan sebutan spina bifida, dimana perkembangan yang tidak lengkap terhadap sumsum tulang belakang, serta anencephaly yang merupakan perkembangan yang tidak lengkap pada bagian utama organ otak.

Seorang bayi yang anencephaly ini umumnya tidak memiliki usia panjang, serta bayi dengan spina bifida ini mungkin akan mengalami cacat permanen. Memiliki asupan asam folat yang cukup tentu bisa melindungi jabang bayi dari resiko cacat tabung saraf, kurang lebih bisa mencapai 50 persen. Jelas, ini angka yang sangat tinggi yang wajib untuk kamu perhitungkan dan pahami. Asam folat juga berfungsi bagi wanita untuk meningkatkan kualitas implantasi serta pematangan oosit atau sel telur.

3.       Mengurangi risiko terjadinya hipertensi

Beberapa penelitian telah menunjukkan fungsi asam folat bagi tubuh perempuan yakni dapat mengurangi risiko terjadinya hipertensi. Perempuan yang mengkonsumsi asupan asam folat lebih banyak mempunyai risiko yang berkurang secara signifikan, khususnya untuk hal yang berkaitan dengan terjadinya tekanan darah tinggi alias hipertensi pada tubuh.

Maka dari itu, bagi kamu yang masih awam akan manfaat dari asam folat. Khususnya para wanita. Sebaiknya mulai saat ini juga, konsumsilah makanan atau minuman yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi, agar kamu terhindar dari ancaman hipertensi.

4.       Pencegahan serta perawatan anemia

Kegunaan dari kandungan asam folat bagi tubuh perempuan lainnya yaitu untuk mencegah anemia. Dimana anemia ini terjadi saat darah tidak bisa menghantarkan oksigen yang cukup ke dalam tubuh, alhasil membuat tubuh kamu terlihat pucat, mudah lelah dan cenderung letih.

Nah, disinilah peran dari asam folat yaitu menjaga supaya aliran darah didalam tubuh tubuh sehat dengan menyokong sel-sel darah merah agar terbentuk serta bertumbuh. Dengan begitu, maka risiko terjadinya anemia pada tubuh perempuan bisa dicegah dan bahkan bisa terhindar dengan baik.

5.       Kesehatan mental dan otak

Beberapa riset menyatakan bahwa kadar asam folat darah rendah dihubungkan dengan fungsi organ otak yang buruk, serta peningkatan risiko terjadinya demensia. Penelitian telah menunjukkan dimana suplemen asam folat ini mampu meningkatkan kinerja otak bagi yang mempunyai gangguan mental serta membantu dalam mengobati Alzheimer.

Bagi orang-orang yang mengalami depresi, mereka terbukti mempunyai kadar folat di darah yang jauh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak depresi. Dimana studi ini pun juga mengatakan bahwa suplemen asam folat bisa meminimalisir gejala depresi saat digunakan secara bersamaan oleh obat antidepresan atau sejenisnya.

6.       Dapat mengurangi faktor risiko berbagai jenis penyakit lainnya

Kegunaan atau manfaat dari suplemen asam folat ini juga dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit lain, seperti risiko penyakit jantung. Dimana beberapa penelitian membuktikan bahwa asam folat bisa mengurangi terjadi resiko penyakit jantung dan kadar homosistein. Tidak hanya itu, kandungan asam folat juga dapat membantu dalam mengatasi peradangan atau inflamasi pada tubuh wanita.

Sejatinya, tidak hanya wanita, kaum pria pun juga membutuhkan yang namanya asam folat pada tubuhnya. Tapi pada kesempatan kali ini, kita hanya berfokus terhadap manfaat asam folat terhadap tubuh perempuan.

 

Setiap orang tentu membutuhkan yang namanya asam folat untuk pondasi kesehatan, akan tetapi asam folat mempunyai peranan yang begitu penting khususnya bagi perempuan. Apa saja sebetulnya manfaat dari asam folat untuk perempuan? Asam folat merupakan vitamin sintetis yang bisa laut di dalam air, biasanya terdapat pada suplemen serta makanan yang kaya akan fortified foods. Asam…