Ini dia Ciri-ciri Seorang Perempuan Memasuki Masa Menopause

Ini dia Ciri-ciri Seorang Perempuan Memasuki Masa Menopause

Semua perempuan dapat dipastikan akan merasakan dan mengalami masa menopause. Yang membedakan pada setiap perempuan hanya waktunya saja. Disaat kamu mempelajari tentang masa menopause, pastinya akan berpikir bahwa yang akan merasakan menopause hanya golongan perempuan yang sudah lanjut usia saja.

Nyatanya, bukan hanya perempuan yang sudah lanjut usia saja yang merasakan menopause. Para perempuan yang tergolong masih mudapun dapat merasakan menopause. Simak ulasan dibawah ini ya.

Menopause

Menopause merupakan sebuah siklus dimana berakhirnya masa menstruasi alami yang telah dialami oleh para perempuan. Umumnya, untuk gejala menopause sendiri akan selalu terjadi di usia mulai dari 45 sampai 55tahun. perempuan akan dianggap telah memasuki masa menopause dimana sebelumnya tidak mengalami masa menstruasi sekitar 1tahun atau selama 12bulan berturut – turut. 

Perubahan yang terjadi disaat seorang perempuan memasuki masa menopause bukan hanya fisik semata. Namun mentalpun juga akan mengalami perubahan yang sama.

Ciri-ciri Seorang Perempuan Memasuki Masa Menopause

Pada umumnya, ciri-ciri perempuan yang telah memasuki masa menopause , diantaranya :

  • Terjadinya perubahan akan siklus menstruasi

Yang pertama dan yang sering menjadi patokan bahwa perempuan telah memasuki masa menopause adalah terjadinya perubahan akan siklus menstruasinya.

Contohnya seperti saat mengalami siklus menstruasi, jumlah darah keluar bisa menjadi lebih sedikit atau bahkan bisa lebih banyak. Namun juga, terkadang dapat juga hanya berupa flek yang sering disebut dengan spotting. Dilihat waktunya juga siklus menstruasi ini akan terjadi cukup singkat.

Apabila kamu telah tidak merasakan akan siklus menstruasimu, maka kemungkinan akan hamilpun menjadi sangat kecil. Begitupun pada saat kamu telah tidak mengalami siklus menstruasi lagi selama 1tahun atau selama 12 bulan berturut-turut. Jika hal itu terjadi, segeralah mengkonsultasikan masalahmu ke dokter.

Ini dia Ciri-ciri Seorang Perempuan Memasuki Masa Menopause

  • Badan menjadi terasa hangat layaknya demam

Apakah kamu pernah merasakan badan kamu seperti demam padahal tidak sedang mengalami sakit?

Hal yang terjadi semacam inilah yang menjadi salah satu ciri-ciri kamu akan mulai memasuki masa menopause. Umumnya, bagian tubuh seperti leher dan wajah yang akan merasakan panas. Namun juga tidak menutup akan kemungkinan dengan sebuah badan juga mengalami seperti merasakan demam.

Kondisi tersebut tidak akan terjadi untuk jangka waktu yang lama. Sekitar 30detik sampai 10menit saja. Namun, gejala yang akan lebih berat dapat membuatmu kesulitan untuk tidur.

Demam yang terjadi ketika memasuki masa menopause dapat berlangsung hingga 2tahun atau bahkan sampai masa menstruasi terakhir.

  • Mengalami Insomnia

Insomnia atau kurang tidur juga merupakan salah satu ciri-ciri pada saat perempuan memasuki masa menopause. Kondisi yang seperti ini tentu saja memberatkan jika mengingat tubuh memang memerlukan istirahat cukup. Namun, kamu dapat mengakalinya dengan melakukan relaksasi atau beristirahat di siang hari.

Kamu juga dapat melakukan olahraga di siang hari dengan tujuan supaya kondisi badan kamu lebih terjaga. Selain itu juga, lebih baiknya kamu tidak menggunakan ponsel secara berlebihan. Singkirkan untuk sementara waktu agar pola tidurmu menjadi normal dan lebih rileks.

  • Perubahan suasana hati yang cepat

Perempuan yang telah memasuki masa menopause juga akan mempengaruhi suasana hati mereka. Didalam Bahasa sehari-hari kita, kita sering menyebutnya dengan mood. 

Para perempuan yang sedang memasuki masa menopause cenderung mudah depresi, mudah emosi, serta perubahan pada perasaannya terjadi dengan lebih cepat. Maka dari itu, dibutuhkan pengertian dan pemahaman oleh orang-orang yang ada disekitar para perempuan akan situasi tersebut.

  • Perubahan yang terjadi pada rambut dan kulit

Dengan seiringnya bertambah usia, maka perubahan tersebut akan terjadi pada rambut dan kulit kita. Contohnya saja , kulit kita akan terasa menjadi lebih tipis dan terasa kering juga.

Ada jaringan yang dinamakan jaringan estrogen yang akan berkurang dan akan membuat rambut kita menjadi lebih kering dan juga rapuh. Untuk itulah kamu harus dapat menghindari akan berbagai produk perawatan-perawatan rambut yang pasti memiliki bahan kimia lebih kuat.

Jika kamu akhirnya merasa bahwa disaat kamu memasuki masa menopause, keluhan-keluhanmu cukup mengganggumu. Kamu dapat mencoba meringankannya dengan cara-cara seperti :

  • Untuk dapat mengurangi akan hot flashes, kamu dapat menyejukan tubuh dengan meminum air dingin serta memakai baju yang dapat dengan baik menyerap keringat.
  • Hindari untuk mengkonsumsi minuman atau makanan panas, minuman beralkohol, dan makanan pedas.
  • Jauhi tempat-tempat yang mempunyai suhu panas,
  • Lakukan Teknik relaksasi atau olahraga ringan agar kualitas tidurmu tetap menjadi baik serta dapat meringkankan akan gejala-gejala mood swing,
  • Untuk dapat meringankan akan keluhan di saluran kemih, contohnya seperti peningkatan akan frekuensi BAK (Buang Air Kecil) dan sulit akan menahan pipis, kamu dapat melakukan latihan menggunakan kegel.
  • Agar hubungan seksualmu tidak terganggu dan menjadi lebih nyaman, kamu dapat menggunakan pelumas vagina yang bahan dasarnya dari air.

Semua perempuan dapat dipastikan akan merasakan dan mengalami masa menopause. Yang membedakan pada setiap perempuan hanya waktunya saja. Disaat kamu mempelajari tentang masa menopause, pastinya akan berpikir bahwa yang akan merasakan menopause hanya golongan perempuan yang sudah lanjut usia saja. Nyatanya, bukan hanya perempuan yang sudah lanjut usia saja yang merasakan menopause. Para perempuan yang…