Dear Cewek-cewek, Ini Cara Bedakan Tas Kulit Asli dan Palsu

Walaupun bukan menjadi sebuah kebutuhan pokok, sebagian orang kesulitan bepergian jika tidak membawa sebuah tas, contohnya seperti bagaimana membawa dompet, ponsel, kunci, laptop atau beberapa barang yang bersifat wajib dibawa tanpa menggunakan tas?

Oleh karena itu, tas menjadi kebutuhan utama bagi para wanita yang aktif dan mempunyai mobilitas tinggi. Tren tersebut sebenarnya telah muncul pertama kali pada pertengahan tahun 1990-an. Pada tahun tersebut, generasi pertama dari ponsel persegi menjadi populer untuk dimiliki karena menjadi alternatif untuk berkomunikasi yang dapat dibawa kemana-mana.

Dari berbagai macam jenis tas, tas kulit menjadi model tas yang paling banyak digemari oleh banyak orang, baik itu pria atau wanita. Dengan menggunakan bahan dasar dari kulit hewan, tas kulit asli mempunyai nilai yang tinggi dan membuat tas kulit tersebut memiliki harga yang mahal.

Oleh karena itu tidak heran apabila di pasaran banyak dari pedagang menjualkan tas kulit yang palsu dimana menggunakan bahan kulit sintetis. Itulah kenapa Anda sebagai pembeli harus cerdas untuk membeli suatu produk. Bagi orang yang masih awam mengenai tas kulit wajib berhati-hati ketika hendak membeli sebuah tas kulit, apalagi jika membeli tas tersebut secara online. Berikut cara membedakan mana tas kulit yang asli dengan yang palsu.

Melihat dari elastisitas produk

Ketika hendak membeli produk tas kulit di suatu toko, cobalah untuk menarik tas kulit tersebut ke atas dan bawah dan kemudian bandingkan panjangnya ketika menarik tas tersebut ke kiri dan kanan. Apabila panjang tas tersebut sama, maka tas kulit tersebut dapat dikatakan palsu sebab terbuat oleh bahan imitasi.

Perlu diketahui jika produk tas dengan kulit asli, memiliki kerenggangan pada saat ditarik ke kiri kanan lebih besar jika dibandingkan dengan ditarik ke atas dan ke bawah. Menurut para pengrajin, kulit yang asli merupakan satu kesatuan dimana permukaan atas dan bagian bawahnya sama. Jika kulit imitasi maka permukaan atas dan bagian bawahnya akan berbeda sebab permukaan bawah diberi oleh lapisan kain.

Dilihat dari harga

Jangan terlena pada harga tas murah. Harga dari tas kulit asli biasanya lebih mahal dari pada yang palsu. Perbandingan pada harga tersebut bahkan dapat mencapai hingga 4x lipat. Akan tetapi banyak juga para pedagang nakal yang menjual produk tas palsu tetapi menjual dengan harga mahal, terutama di suatu toko online.

Melalui suhu pada tas

Pada segi suhu, tas kulit asli mempunyai kesan yang dingin saat dipegang sedangkan tas kulit sintetis akan terasa hangat saat dipegang. Tas kulit asli akan terasa kasar dan juga ada yang terasa halus tergantung dari kualitas kulitnya. Akan tetapi jika bahan tersebut terasa sangat halus serta terasa seperti plastik kemungkinan tas tersebut menggunakan kulit imitasi.

Melalui bau tas

Tas kulit asli mempunyai aroma khas yang mencolok ketika dicium dari dekat, sedangkan tas palsu atau sintetis akan langsung tercium aroma tidak sedap serta menyengat layaknya bau karet serta bahan kimia.

Bau khas pada kulit asli tidak dapat ditiru tas kulit sintetis. Maka dari itu apabila Anda ingin membedakan tas asli dan palsu dapat menggunakan cara ini. Namun apabila membeli tas secara online pastikan jika penjualan produk tersebut memiliki garansi uang kembali apabila produk yang dijual tersebut palsu.

Tekstur yang berbeda

Jika diperhatikan dengan detail, tas kulit asli mempunyai tekstur tidak beraturan dan biasanya tidak menarik seperti kulit kita. Apabila kulit sintetis atau palsu mempunyai tekstur halus, rapi serta teratur sebab dibuat dengan menggunakan mesin tekstil kemudian permukaan kulitnya terasa kesat dan lengket. Pori-pori kulit sintetis terlihat lebih rapi sedangkan kulit asli tidak beraturan.

Coba untuk membakarnya

Cara yang paling mudah untuk membedakan tas kulit yang asli dan palsu dapat menggunakan cara yaitu dibakar. Cara tersebut dapat digunakan sebagai jalan terakhir agar dapat meyakinkan Anda jika tas yang dibeli tersebut merupakan tas kulit asli. Ketika tas kulit asli dibakar akan membutuhkan waktu yang lama, sedangkan jika tas palsu maupun bahan sintetis maka akan langsung meleleh layaknya plastik.

Untuk beberapa orang yang ahli dalam membedakan tas kulit asli dan palsu menjadi hal yang mudah. Namun beda lagi ceritanya untuk orang-orang yang masih awam atau bahkan sama sekali tidak tahu cara untuk membedakan tas asli dan sintetis, hal tersebut menjadi persoalan yang menyulitkan bagi mereka.

Oleh karena itu beberapa cara diatas dapat menjadi hal yang wajib diketahui ketika hendak membeli sebuah tas kulit, apalagi membelinya secara online. Itulah beberapa cara yang perlu diketahui bagi Anda yang hendak membeli tas kulit dan takut membeli tas yang palsu, semoga dapat menjadi manfaat.

Walaupun bukan menjadi sebuah kebutuhan pokok, sebagian orang kesulitan bepergian jika tidak membawa sebuah tas, contohnya seperti bagaimana membawa dompet, ponsel, kunci, laptop atau beberapa barang yang bersifat wajib dibawa tanpa menggunakan tas? Oleh karena itu, tas menjadi kebutuhan utama bagi para wanita yang aktif dan mempunyai mobilitas tinggi. Tren tersebut sebenarnya telah muncul pertama…