Daftar Tokoh Wanita Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Kamu tentunya sebagai seorang wanita, memiliki idola tersendiri dari begitu banyaknya wanita tangguh dunia dengan pengaruh yang mereka berikan. Tentunya, perempuan hebat tersebut, bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi wanita lainnya supaya mau tetap berjuang.

Daftar tokoh wanita dunia yang paling berpengaruh

Kamu pastinya bertanya-tanya, kira-kira siapa wanita-wanita hebat di dunia ini yang bisa memberikan pengaruh besar kepada banyak orang, terkhusus kaum perempuan. Nah, berikut adalah daftarnya. Adakah idola kamu di daftar ini?

  • MacKenzie Scott, Filantropis

Sebagai sosok yang dikenal sangat dermawan, MacKenzie Scott adalah seorang penulis, filantropis dan mantan istri dari pendiri Amazon, yaitu Jeff Bezos. Mereka bercerai pada 2019 lalu, setelah mengarungi rumah tangga selama 25 tahun.

Setelah memberitahukan pada media jika sudah bercerai, MacKenzie Scott menandatangani Giving Pledge yang mana ia berjanji akan memberikan kurang lebih separuh dari kekayaannya. Pada tahun 2020, MacKenzie Scott telah menyumbangkan Rp 82,5 miliar pada 500 perusahaan nirlaba dan di Juni 2021, ia kembali menggelontorkan Rp 38,9 miliar untuk 286 perusahaan nirlaba.

  • Kamala Harris, Wakil Presiden Amerika Serikat

Di Januari 2021, untuk pertama kalinya Amerika Serikat memiliki Wakil Presiden wanita yang merupakan keturunan Asia, yaitu Kamala Harris. Tentunya momen ini memang kali pertama ada wanita yang terjun dalam dunia politik. Sebab pada 2016 silam juga ada seorang wanita tangguh keturunan India-Amerika yang untuk pertama kalinya terpilih sebagai senat di Amerika Serikat.

Lalu, tahun 2010 ia juga merupakan salah satu perempuan keturunan Afrika-Amerika yang untuk kali pertama menjadi seorang Jaksa Agung di California. Harris sendiri merupakan alumni dari Howard University yang menjadi seorang wakil presiden.

  • Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa

Selanjutnya adalah Christine Lagarde. Ia merupakan wanita pertama yang menjadi Presiden Bank Sentral di Eropa. Jabatan tersebut dipegang olehnya sejak awal November 2019. Tugas dari seorang yang menjadi kepala untuk kebijakan moneter di wilayah Eropa.

Christine Lagarde harus memastikan jika pandemi Covid-19 jangan sampai menjadi pemicu munculnya malapetaka bagi Euro. Christine Lagarde, merupakan wanita pertama dari 2011 hingga pertengahan 2019 yang mengelola dana moneter dan memiliki fungsi guna memastikan jika sistem moneter global tetap dalam keadaan yang stabil.

  • Mary Barra, CEO General Motors

Mary Barra menjabat sebagai CEO General Motors sejak 2014 dan merupakan wanita pertama yang mengelola salah satu dari tiga produsen mobil teratas di Amerika Serikat. Barra telah berinvestasi modal sampai miliaran dolar demi kendaraan self-driving, listrik dan lain sebagainya.

Di musim semi tahun 2020, Mary Barra menggeser lini pembuatan GM guna membantu pihak Ventec Life untuk membuat ventilator dimana hal tersebut memang dibutuhkan. Pihak GM sendiri memang dengan konsisten harus secara berkala menjadi salah satu bisnis global yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa melihat gender.

  • Melinda French Gates, Co-chair Bill & Melinda Gates Foundation

Ketua bersama Yayasan Bill dan Melinda Gates terus membangun dan memimpin yayasan tersebut bersama mantan suaminya, Bill Gates, meskipun mereka resmi bercerai. Sebagai bagian dari yayasan yang ia dirikan, misinya adalah membantu semua orang.

Sebagian besar karya Melinda Gates dikhususkan untuk hak-hak perempuan dan anak perempuan. Tujuan Gates selanjutnya adalah menutup kesenjangan pendanaan bagi para pendiri perempuan melalui perusahaan investasi dan inkubasinya, Pivotal Ventures.

  • Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa

Ursula von der Leyen diangkat sebagai presiden Komisi Eropa, badan eksekutif UE, pada Juli 2019, wanita pertama yang memegang posisi itu. Dia bertanggung jawab untuk membuat undang-undang yang mempengaruhi lebih dari 700 juta orang Eropa. Pada September 2020, dalam pidato kenegaraan pertamanya sebagai komisaris, dia mengatakan bahwa dia menentang kebijakan anti-LGBT Polandia.

  • Tsai Ing-wen, President Taiwan

Tsai Ing-wen adalah wanita pertama yang terpilih sebagai presiden di Taiwan pada 2016. Kepemimpinan Tsai selama Covid-19 dipandang sebagai model global, karena pada tahun 2020. Taiwan memiliki program pelacakan dan penelusuran yang ketat untuk mencegah penularan massal. Tsai Ing-wen juga berjanji untuk menjadikan Taiwan anggota dunia yang tak tergantikan dengan merangsang ekonomi di bidang bioteknologi, pertahanan, dan energi hijau.

  • Julie Sweet, Chair dan CEO Accenture

Julie Sweet, yang telah menjadi CEO perusahaan layanan global Accenture sejak September 2019. Sebelum menjadi CEO, Sweet adalah penasihat umum dan kepala pasar Amerika Utara Accenture, pasar terbesar perusahaan. Lingkungan yang beragam dan adil adalah prioritas utama Julie Sweet.

Nah, demikianlah tadi daftar dari para tokoh wanita yang mempunyai pengaruh besar di dunia, Ibu Sri Mulyani menempati urutan ke-66 dalam daftar wanita berpengaruh dan tentunya masih banyak wanita-wanita tangguh lainnya.

Kamu tentunya sebagai seorang wanita, memiliki idola tersendiri dari begitu banyaknya wanita tangguh dunia dengan pengaruh yang mereka berikan. Tentunya, perempuan hebat tersebut, bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi wanita lainnya supaya mau tetap berjuang. Daftar tokoh wanita dunia yang paling berpengaruh Kamu pastinya bertanya-tanya, kira-kira siapa wanita-wanita hebat di dunia ini yang bisa memberikan pengaruh…