Buah-buahan yang Dilarang Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Setiap makanan yang ibu hamil konsumsi pada masa kehamilan tentu akan memberikan pengaruh besar kepada kesehatan janin dan tubuhnya sendiri. Karena itu, dokter selalu menyarankan agar ibu hamil mengatur pola makan mereka dengan memakan makanan bergizi tinggi yang dapat menunjang pertumbuhan calon bayinya.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tetapi tidak boleh mengkonsumsi sembarang buah, karena ada buah tertentu yang dianggap bisa mengganggu masa kehamilan dan menghambat pertumbuhan jabang bayi.

Buah-buahan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil

Selama masa kehamilan hal utama yang harus dijaga oleh ibu hamil dan orang-orang disekelilingnya adalah kesehatan ibu dan bayi. Buah-buahan memang mengandung banyak vitamin, antioksidan, gizi, mineral dan serat.

Walau begitu, nyatanya ada jenis buah tertentu yang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena alasan tersendiri dan diyakini akan berbahaya bagi janin. Berikut adalah buah-buah yang sebaiknya dihindari :

Pisang mentah

Siapa sangka jika buah yang satu ini juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pisang yang masih mentah memiliki pati resisten, dimana zat ini akan sulit untuk dicerna oleh tubuh. Selain mengandung pati, pisang yang mentah juga memiliki zat tanin yang tinggi.

Zat tersebut bisa menghambat proses pergerakan dari makanan di dalam usus. Karenanya ketika ibu hamil mengkonsumsi pisang mentah, ini bisa membuatnya mengalami sembelit. Jadi, sebaiknya hindari buah ini sementara waktu.

Nangka

Ada mitos yang mengatakan bila mengkonsumsi nangka saat hamil bisa membuat proses melahirkan menjadi sulit dan menyebabkan bayi akan terlahir cacat. Namun, mitos lain juga mengatakan bila buah nangka jika dikonsumsi ibu hamil dapat memicu terjadinya keguguran.

Tetapi faktanya, belum pernah ada penelitian secara ilmiah yang bisa membuktikan hal tersebut. Jadi, dokter ahli masih memperbolehkan ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Bahkan, sebenarnya nangka mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang baik.

Namun, ada baiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Karena buah nangka mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan akan berakibat buruk pada janin serta ibu hamil yang memiliki riwayat sakit diabetes.

Nanas

Berikutnya adalah buah nanas. Banyak orang yang meyakini bila ada ibu hamil mengkonsumsi buah ini maka akan berisiko bayi menjadi cacat atau menyebabkan keguguran. Mitos ini muncul, mungkin karena nanas mengandung enzim bromelain.

Padahal enzim ini tidak hanya pada nanas saja, tapi ditemukan pula pada obat-obatan yang biasa dipakai untuk sinusitis, nyeri lutut dan kolitis ulseratif. Bromelain berupa tablet tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh wanita hamil sebab bisa menyebabkan pendarahan dan keseimbangan protein bisa terganggu.

Namun, pada buah nanas. Kadar bromelainnya terbilang rendah dan masih aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan nanas bisa membantu menyehatkan tubuh, sebab termasuk buah sumber zat besi dan vitamin C. Tetapi Anda tetap tidak boleh banyak-banyak mengkonsumsi buah ini, karena bisa membuat asam lambung meningkat.

Durian

Ada yang beranggapan bila mengkonsumsi buah durian saat hamil bisa membuat ibu hamil menjadi keguguran dan ketika persalinan akan terjadi pendarahan serius hingga cacat pada bayi. Padahal faktanya buah durian sebenarnya baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung, karena terdapat antioksidan, organosulfur dan juga tryptophan hingga senyawa antibakteri dan antimikroba.

Hanya saja memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil dengan riwayat hipertensi juga diabetes, sebab akan memperparah kondisi kesehatan. Pada ibu yang sehat pun disarankan untuk memakan buah durian secukupnya saja.

Pepaya mentah

Masih sama seperti mitos-mitos lainnya, pepaya mentah juga dianggap berbahaya bila dikonsumsi ibu hamil sebab dapat memicu rasa sakit pada bagian perut dan bisa menyebabkan keguguran. Namun, bagaimana faktanya? Ya, mitos ini tidak 100% salah.

Sebab pada buah pepaya yang masih muda, memiliki kandungan enzim papain, getah dan lateks tinggi. Lateks inilah yang bisa menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim sehingga akan membuat persalinan menjadi lebih cepat sebelum waktu yang diperkirakan. Dimana jika usia kehamilan masih sangat muda, bukan tidak mungkin akan keguguran.

Selain itu, lateks juga bisa memicu timbulnya alergi pada tubuh. Sementara untuk enzim papain, mempunyai efek seperti prostaglandin. Dimana ini dapat merangsang persalinan dan membuat ibu hamil melahirkan sebelum waktunya.

Karena itu, lebih baik Anda mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang saja. Sebab ini jauh lebih baik dan menyehatkan bagi ibu dan bayi. Bahkan pepaya matang adalah sumber vitamin seperti vitamin A dan folat.

Demikianlah informasi terkait buah-buahan yang menurut mitos tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil dengan anggapan bisa menyebabkan hal-hal berbahaya, walau pada kenyataannya ada beberapa buah yang nyatanya baik untuk kesehatan. Namun, tetap harus dikonsumsi secukupnya dan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, serta pastikan bila buahnya sudah matang.

Setiap makanan yang ibu hamil konsumsi pada masa kehamilan tentu akan memberikan pengaruh besar kepada kesehatan janin dan tubuhnya sendiri. Karena itu, dokter selalu menyarankan agar ibu hamil mengatur pola makan mereka dengan memakan makanan bergizi tinggi yang dapat menunjang pertumbuhan calon bayinya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tetapi tidak boleh mengkonsumsi sembarang buah,…