Berapa Harga Tertinggi Bitcoin Saat Ini?

Bitcoin adalah jenis uang digital cryptocurrency yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Evolusi harga Bitcoin setiap tahunnya sudah menjadi topik hangat di hampir seluruh dunia. Harga Bitcoin yang memecahkan nilai tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada bulan April tahun lalu. Berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, nilai Bitcoin, aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar  di dunia, mencapai $66.613 (sekitar Rp940 juta pada saat nilai tukar Rp 14,000/USD) pada pagi hari Kamis, Oktober 21 Januari 2021. Lonjakan harga Bitcoin terjadi satu hari setelah ETF (exchange-traded fund) Bitcoin berjangka AS pertama sudah mulai diperjualbelikan. Nilai Bitcoin adalah yang tertinggi hingga saat ini yaitu pada April 2021 lalu, Saat itu nilai Bitcoin mencapai 64.000 dollar AS. Saat itu, nilainya merupakan nilai bitcoin yang tertinggi sepanjang sejarah bitcoin,

Rekor lain juga dibuat oleh cryptocurrency, yang merupakan salah satu tolok ukur di pasar aset crypto global. Karena, pada hari itu juga, kapitalisasi pasar Bitcoin melewati angka $42 miliar, tertinggi dalam sejarah. Kapitalisasi penjualan Bitcoin mengalami kenaikan lebih dari 300% dari tahun ke tahun dan 95% dari tahun ke tahun setelah turun 73% pada tahun 2018 ketika dicapai pada bulan April. . “Menurut data dari Indodaya per Jumat, 15 Oktober 2021, harga Bitcoin mendekati $60.000, tepatnya $59.454. Saya pikir masih ada peluang Bitcoin akan melampaui harga tertinggi sepanjang sejarah yang dicapai pada bulan april lalu tergantung pada sentimen positif ke depan, ”kata Oscar dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Sabtu.Oscar mengatakan itu, dibandingkan dengan data. di tahun 2020, harga Bitcoin akan meningkat, bahkan selisihnya berkali-kali lipat lebih besar dari saat ini. 

Ketika Bitcoin pertama kali dirilis ke publik pada tahun 2009, Bitcoin memiliki harga sebesar $0. Pada harga ini menjadi harga peluncuran awal bitcoin sebab saat itu masih sedikit orang yang tau dan tertarik pada bitcoin. 

  • Harga Bitcoin 2010 sampai 2012 

Sejak 1 tahun dirilis, banyak investor mulai tertarik pada Bitcoin sehingga mulai membeli dan menjual Bitcoin pada harga kurang dari 1 sen. Meski begitu, perubahan harga bitcoin terlihat fluktuatif, sampai tahun 2011 bitcoin mencapai harga $1. Pada tahun 2011, pergerakan harga Bitcoin cukup baik. Bahkan, Saat bulan Juni 2011, Bitcoin memiliki nilai yang meroket sampai 3.200%. Namun, kenaikan tersebut tidak berlangsung lama lalu turun pada dua bulan setelahnya. Perkembangan harga Bitcoin mulai membaik pada bulan  November 2011 yaitu $2 lalu menurun lagi, tetapi dari Mei sampai Agustus 2012, nilai Bitcoin mengalami peningkatan dari $4,8 menjadi $13,20.

  • Pergerakan harga Bitcoin 2013 hingga 2016 

Tahun selanjutnya, harga Bitcoin terjadi dua gelembung harga. Dari halaman Wikipedia, istilah tersebut dapat disebut sebagai bubble economy atau gelembung keuangan, yang berarti transaksi volume besar namun harga selain nilai intrinsiknya. Bitcoin pertama kali  mengalami bubble economy di bulan April, saat Bitcoin bernilai $220 dan mengalami penurunan menjadi $70 selama dua minggu. Bubble economy kedua terjadi pada akhir 2013. Pada saat itu, Bitcoin memiliki harga yang meroket hingga $1,156, namun 3 hari kemudian nilainya turun menjadi $760. Setelah peristiwa dua gelembung harga ini, aksi harga Bitcoin terus menurun hingga mencapai harga serendah $315 pada permulaan tahun 2015.

  • Pergerakan harga Bitcoin 2017 hingga 2019 

Setelah mengalami serangkaian penurunan harga yang panjang pada tahun 2016,  nilai Bitcoin akhirnya pulih kembali  menjadi $20.089 pada bulan Desember 2017. Namun, menurut seorang profesor keuangan Universitas Texas yaitu John Griffin, peristiwa ini dimungkinkan karena manipulasi harga melalui volume transaksi yang tinggi. Faktanya, dia dan asisten profesor Ohio State juga telah melihat jutaan transaksi  bitcoin pada bursa Bitfinex.

  • Pergerakan harga Bitcoin 2020 hingga 2021 

Memasuki tahun 2020 sampai 2021, di mana banyak bidang ekonomi dan usaha global yang stagnan akibat pandemi COVID19. Semua orang tahu bahwa ekonomi dunia sekarang mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, karena pandemi ini, banyak perusahaan yang melakukan PHK massal karena mengalami kebangkrutan. Di sisi lain, bagaimanapun, ini menunjukkan bahwa cryptocurrency memiliki waktu yang baik dan sangat positif. Meskipun industri sudah melewati pengawasan, cryptocurrency akhirnya bangkit kembali dan menerima sejumlah besar pembelian dan penjualan cryptocurrency dari investor dan pedagang di penjuru dunia. Dari sini tren harga bitcoin mulai mengalami kenaikan. Di akhir 2020 sampai awal tahun 2021, kenaikan harga Bitcoin  sebesai 224%. Kemudian selama 2 bulan selanjutnya, Bitcoin berada pada harga puncaknya, yaitu $60.000. 

Demikianlah penjelasan mengenai harga tertinggi bitcoin saat ini.

Bitcoin adalah jenis uang digital cryptocurrency yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Evolusi harga Bitcoin setiap tahunnya sudah menjadi topik hangat di hampir seluruh dunia. Harga Bitcoin yang memecahkan nilai tertinggi sepanjang masa yang dicapai pada bulan April tahun lalu. Berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, nilai Bitcoin, aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar  di…