menstrual cup

Keunggulan Menggunakan Menstrual Cup Dibandingkan Pembalut

Tentu Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah menstrual cup bukan? Tetapi apakah Anda sudah benar-benar tahu tentang menstrual cup?

Pada saat ini menstrual cup menjadi semakin populer dan semakin banyak diminati di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri, terlebih karena kegunaannya yang bisa digunakan kembali. Menstrual cup adalah produk alternatif pengganti pembalut wanita berbentuk corong seperti lonceng berukuran kecil dan terbuat dari silikon. Berbeda dengan pembalut dan tampon yang terbuat dari bahan penyerap cairan seperti katun, menstrual cup dirancang untuk menampung darah menstruasi pada vagina selama periode menstruasi, bukan menyerapnya. Tetapi apakah menstrual cup seaman produk menstruasi sekali pakai lainnya?

Menstrual cup telah ditemukan aman dan cenderung kecil kemungkinan adanya kebocoran seperti pembalut wanita dan tampon. Cari tahu lebih dalam yuk apa saja keunggulan menstrual cup lainnya dibandingkan pembalut wanita dan tampon untuk mengetahui mengapa Anda harus beralih ke menstrual cup:

  1. Bisa Digunakan Kembali dan Ramah Lingkungan

Pembalut wanita dan tampon harus dibuang setelah satu kali pemakaian, sedangkan kebanyakan menstrual cup dapat digunakan kembali setelah dicuci dan dibersihkan.

Menstrual cup dianggap sebagai produk alternatif yang ramah lingkungan dari pembalut wanita dan tampon karena dapat dipakai berkali-kali dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, yaitu 5-10 tahun. Karena dapat digunakan kembali, sehingga lebih sedikit menyumbang limbah yang berhenti di tempat pembuangan sampah dan lebih sedikit pohon yang dikorbankan untuk membuat alternatif berbasis kertas.

Orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan berkomitmen untuk mengurangi limbah yang dihasilkan oleh bahan plastik yang tidak dapat didaur ulang dan tidak dapat terurai yang ada di pembalut dan tampon sekali pakai lebih memilih menstrual cup daripada produk kebersihan menstruasi lainnya.

Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa ada juga menstrual cup yang dirancang untuk sekali pakai. Jadi pastikan Anda membaca label produk dengan cermat terlebih dahulu sebelum membeli jika Anda menginginkan menstrual cup yang dapat digunakan kembali.

  1. Lebih aman

Jika Anda sudah menemukan ukuran menstrual cup yang pas dan menggunakannya dengan penempatan yang sudah benar, kemungkinan adanya kebocoran akan berkurang. Dibanding pembalut wanita yang dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal di area intim, menstrual cup mampu menurunkan risiko infeksi bakteri, juga mencegah lecet atau ruam sehingga kemungkinan ini dapat dihilangkan.

  1. Hemat Pengeluaran

Beberapa menstrual cup dirancang untuk penggunaan jangka panjang bahkan bertahun-tahun, sehingga memberikan penghematan biaya yang signifikan dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tampon dan pembalut wanita sekali pakai secara terus menerus. Jadi Anda hanya perlu membayar harga satu kali untuk menstrual cup yang dapat digunakan kembali. Ini jauh lebih murah dan menghemat anggaran pengeluaran bukan? 

  1. Lebih bebas beraktifitas

Seringkali para wanita menjadi frustasi dikarenakan aktivitas menjadi sangat terbatas pada saat periode menstruasi tiba. Terlebih lagi pada saat Anda travelling atau melakukan hobby berenang atau kegiatan olahraga lainnya. Menstrual cup hadir menawarkan banyak kebebasan dan kemudahan untuk melakukan aktivitas yang Anda pikir tidak mungkin dibandingkan dengan produk kebersihan menstruasi lainnya. Jangan lupa bahwa menstrual cup mengumpulkan darah tidak seperti pembalut yang menyerapnya melalui bahan penyerap, sehingga Anda akan baik-baik saja jika ingin berenang atau melakukan olahraga lainnya sekalipun meski hanya memakai menstrual cup.

  1. Daya tampung lebih banyak

Kelebihan lainnya adalah menstrual cup memiliki daya tampung sekitar 5-6 kali lebih banyak dibanding pembalut wanita dan tampon. Menstrual cup dapat menampung sekitar 1-2 ons atau sekitar 40 mililiter darah menstruasi.  Sedangkan tampon hanya dapat menampung atau menyerap darah menstruasi hingga sepertiga ons atau sekitar 7 mililiter. Oleh karena daya tampung yang lebih banyak, waktu pemakaiannya pun menjadi lebih lama. Anda bisa menggunakan menstrual cup selama 6-12 jam tanpa khawatir bocor sebelum harus menggantinya, tergantung pada derasnya darah menstruasi Anda. Jika Anda menggunakan tampon, Anda harus menggantinya paling tidak setiap 4-8 jam menurut waktu yang disarankan.

  1. Tidak menimbulkan bau

Tidak jarang darah haid atau darah menstruasi yang tertampung pada pembalut wanita dan tampon akan mengeluarkan bau amis atau aroma tidak sedap yang memalukan karena terpapar udara. Karena letak pemakaiannya di bagian dalam vagina, menstrual cup tidak akan terpapar udara sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan bau amis yang mungkin muncul seperti pada saat menggunakan pembalut dan tampon. 

  1. Menjaga ph pada vagina

Karena fungsinya yang hanya dapat menampung darah, alat ini tidak mengganggu keseimbangan pH dan bakteri di dalam vagina. Sedangkan tampon dapat menyerap darah sekaligus cairan vagina, sehingga dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik dalam vagina.

Demikian lah beberapa keunggulan menstrual cup dibandingkan pembalut. Menstrual cup hadir dalam beberapa ukuran, untuk mengetahui ukuran yang pas Anda perlu membelinya dan mencobanya.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah menstrual cup bukan? Tetapi apakah Anda sudah benar-benar tahu tentang menstrual cup? Pada saat ini menstrual cup menjadi semakin populer dan semakin banyak diminati di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri, terlebih karena kegunaannya yang bisa digunakan kembali. Menstrual cup adalah produk alternatif pengganti pembalut wanita berbentuk…