Dunia perempuan

Perkembangan Peran dan Dunia Perempuan, Dari Masa Kerajaan Hingga Saat ini

Dunia perempuan sangat unik. Karakter khas yang dimiliki perempuan akan sangat berbeda dengan yang dimiliki oleh laki-laki. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor yang melatarbelakanginya. Salah satu diantaranya adalah hormon. Hal tersebut mempengaruhi kemampuan berfikir dan emosi dari seseorang, dan membedakan otak laki-laki yang banyak menggunakan logika, sedangkan perempuan menggunakan perasaan saat berpikir.

Kondisi tersebut membawa kelemahan sekaligus kelebihan bagi seorang wanita. Salah satunya adalah wanita lebih peka terhadap indranya dibandingkan laki-laki. Wanita lebih bisa merasakan perasaan orang lain tanpa orang tersebut mengatakannya atau memiliki naluri yang kuat. Wanita juga memiliki kepekaan Indra penciuman yang lebih baik dibandingkan laki-laki. Kepekaan tersebut karena wanita memiliki hormon estrogen yang berlebih.

Wanita juga lebih rajin dibandingkan pria, tidak heran jika sekarang banyak perempuan yang berprestasi di tingkat sekolah, nasional, hingga internasional. Namun dulunya wanita di Indonesia memiliki batasan dan aturan yang lebih banyak dibandingkan kaum laki-laki. Mereka dituntut untuk bisa melayani suami, mendidik anak, dan melakukan berbagai hal tugas rumah tangga.

Hanya wanita tertentu yang bisa beruntung untuk mendapatkan pendidikan di kala itu. Dan hal yang sama juga masih terjadi di jaman penjajah di Indonesia. Sehingga kurangnya peran yang dimiliki oleh perempuan. Dimana perempuan cenderung berpartisipasi dengan menyediakan berbagai kebutuhan makanan bagi mereka yang berperang. Perempuan juga yang membantu merawat mereka yang terluka karena perang.

Dunia perempuan

Meski ada beberapa nama pejuang perempuan, seperti cut nyak Dhien dan cut nyak Meutia. Mereka berdua merupakan tokoh nasional yang berusaha mengusir penjajah dari wilayah Sumatera. Mereka bahkan menjadi pemimpin perang dengan pasukan yang cukup banyak. Namun peran wanita di masa itu masih sangat kurang.

Banyak wanita yang sudah dinikahkan ketika usia mereka terbilang sangat muda, meski ada juga yang diberikan kebebasan untuk memilih seperti Gusti Nurul. Gusti Nurul merupakan putri dari kesultanan Mangkunegaran Solo. Gusti Nurul ikut memberi pembaruan bagi masyarakat Indonesia. Dia merupakan salah satu perempuan kala itu yang memiliki pendidikan baik dari keluarga dan sekolah. Gusti Nurul juga menggagas adanya radio pertama di Indonesia.

Sebelumnya ada RA Kartini, dia merupakan perempuan yang berjuang untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang dipimpin ayahnya kala itu. Selain itu, RA Kartini juga mendorong perempuan untuk dapat terus belajar. Salah satunya adalah dengan mendirikan sekolah gratis bagi para perempuan pada saat itu. Tidak ada batasan usia atau strata sosial bagi mereka yang ingin belajar dari RA Kartini.

Partisipasi wanita dalam berbagai aspek saat ini sangat luas. Dunia perempuan menjadi lebih berwarna dari sebelumnya. Perempuan diberi kesempatan untuk memilih apa yang ingin dijalankannya dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil tersebut. Kini banyak perempuan yang tidak hanya memiliki peran besar di dalam keluarga, namun memiliki peran besar dalam pengambilan keputusan yang melibatkan masyarakat internasional.

Dan mereka bisa dijadikan role model bagi perempuan untuk bisa sukses dan mengejar impian yang dimilikinya. Sama seperti laki-laki, kini mereka bisa memutuskan dunia perempuan mana yang akan dijalaninya. Tentu ini memiliki dampak yang harus dihadapi oleh perempuan tersebut. Namun apabila telah diperhitungkan dengan baik, dampak negatif yang ada dapat diminimalisir. Termasuk gunjingan dari banyak pihak yang masih menggunakan stigma lama dalam menilai peran perempuan di berbagai aspek. Dan ini bisa mempengaruhi faktor psikologis seseorang.

Dunia perempuan sangat unik. Karakter khas yang dimiliki perempuan akan sangat berbeda dengan yang dimiliki oleh laki-laki. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor yang melatarbelakanginya. Salah satu diantaranya adalah hormon. Hal tersebut mempengaruhi kemampuan berfikir dan emosi dari seseorang, dan membedakan otak laki-laki yang banyak menggunakan logika, sedangkan perempuan menggunakan perasaan saat berpikir. Kondisi tersebut…